Home » , , , » Sejarah Asal - Usul Heroin : Salah Satu Jenis Narkoba Yang Mematikan

Sejarah Asal - Usul Heroin : Salah Satu Jenis Narkoba Yang Mematikan

Written By Unknown on Sabtu, 14 Februari 2015 | 2/14/2015 12:13:00 AM

                                          Assalamualaikum,welcome to my blog my friend


Kalian tentu tahu tentang heroin, heroin atau putau adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karna efeknya sangat kuat. Obat ini bisa di temukan dalam bentuk pil, bubuk, dan juga dalam cairan. Seseorang yang sudah ketergantungan heroin bisa di sebut juga "chasing the dragon."

Namun tahukah kalian tentang asal usul heroin ? Ternyata heroin yang termasuk Narkotika ini dulunya adalah obat penyakit pernafasan yang paling efektif di masanya ! Bagaimanakah cerita awalnya ? Mari kita bahas





Asal mula heroin tidak bisa dilepaskan dari nama Heinrich Dreser, seorang ilmuwan Jerman yang menjadi kepala laboratorium perusahhan farmasi Bayer. Karena terinspirasi oleh diasetilmorfin temuan C.R . Wright, diapun berusaha membuat obat baru dengan efek serupa, yaitu menenangkan dan menghilangkan rasa sakit tapi tidak menimbulkan candu seperti morfin. Diapun mensintesis diasetilmorfin menjadi heroin (yang saat itu belum dinamai) dan mencobanya pada beberapa hewan kecil lalu ke teman kerjanya dan akhirnya dirinya sendiri.

Hasilnya diapun menemukan bahwa heroin sangat bermanfaat untuk menyambuhkan penyakit pernafasan seperti asma, TBC dan Bronkitis. Pada Novembaer 1898 diapun memperkenalkan temuannya pada acara kongres para dokter Jerman. Kemudian diapun menamai obat hasil temuannya dengan nama "heroin" yang berarti heroik atau bersifat kepahlawanan dalam bahasa Jerman. Lalu bersama dengan perusahaan farmasi Bayern, diapun meluncurkan heroin dengan slogan "Heroin Sang Penawar Batuk". Obat inipun mulai merambah dengan cepat bahkan sampai keluar pasar Jerman karena adanya jaminan tanpa efek samping dari perusahaan Bayern.


Namun, justru karena adanya jaminan itulah muncul keraguan dari sekelompok masyarakat dan ahli medis. Keraguan ini mulai terbukti saat para dokter menemukan banyak pasien masih meminta heroin meski penyakit mereka sudah sembuh. Dan setelah pengujian ulang oleh para ilmuwan akhirnya diketahui bahwa heroin ternyata memiliki efek ketergantungan pada pemakianya yang bahkan lebih kuat dari pada morfin. 

Pada 1913, karena desakan banyak pihak, Bayer pun menarik heroin dari pasaran dan menghapus nama heroin dari daftar temuan obat mereka dan mencoreng nama besar dari perusahaan farmasi Bayer.

Sekian postingan saya tentang sejarah heroin, sebuah obat yang muncul dengan digdaya dan sirna dengan memalukan.




Jangan lupa membaca post saya yang sebelumnya tentang kebohongan pendaratan pertama di bulan DISINI

5 komentar:

  1. kalo di sekolah gw ini termasuk pelajaran PLKJ

    BalasHapus
  2. waw blognya bagus... saya tau dari group facebook gan..

    ini kunjungan pertama saya dan komentar pertama saya gan...


    kunjungi balik ya gan.. http://manoolmovie.blogspot.com/

    BalasHapus

Ikuti Blog Ini